Makanya gek nikah!

Hari itu entah karena perkara apa hampir semua bagian dari keluarga besar Sutrisno yang menyesakkan kota Jogja (tentu saja) berkumpul sembari makan-makan dirumah pakdhe tertua di Condong Catur.

Banyak pembicaraan, kalimat-kalimat yang kutahu bagimana maksudnya tetapi tak kupahami alur ceritanya, keluh-kesah, dan beberapa candaan yang tidak membuatku benar-benar tertawa.

“Makanya gek nikah!” sepenggal kalimat entah dari bedil siapa membumi hanguskan suasana yang mulanya sedikit ceria. Aku terpaku sebentar buat menguatkan atmosfer kecanggungan yang ada, selanjutnya pura-pura melihat kearah jam dinding diatas televisi hitam lebar milik pakdhe, lalu keluar dari rumah joglo itu. Pertama inginnya hanya berjalan sedikit menjauh dari rumah tetapi entah karena apa langkah kaki ini malah mengecil dan pikiranku mengembara.

“Makanya gek nikah!” kalimat sensitif itu setahu saya sering diucapkan (entah dalam konteks perintah ataupun candaan) untuk para wanita maupun pria yang umurnya sudah menginjak 23, semester tua pada perkuliahan strata satu, atau mungkin malah sudah lulus.
Walaupun saya tidak pernah digurui dengan kalimat itu tetapi saya mengerti bagaimana rasanya dibegitukan, sakitnya saya paham, sekiranya itu sama saja dengan “Makanya sekolah di Teladan!” Ya begitu, sama seperti itu, mungkin malah lebih sakit.

Bedanya, jodoh (cara, waktu, dan bagaimana bertemunya) bukankah sudah diatur Allah? Memang perlu diperjuangkan dengan dicari (entah bagaimana) tapi bukankah endingnya sudah dirancang diawal waktu kita berada disini? Kalau memang belum bertemu sekarang lalu bagaimana? Kalau belum ada yang cocok lalu bagimana? Padahalkan menikah itu untuk mencari pendamping hidup ber jangka sangat panjang, selamanya, kalau memang belum ada yang sreg masak harus dipaksain?

 

p.s: tiba-tiba berpikir bahwa masalah sekolah dimana juga mungkin sebenarnya sudah aturan Allah, tetapika….  yaaa gitu /hueheheee

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s